Paradigma Gerakan KAMMI

Paradigma Gerakan KAMMI

KAMMI begitu istimewa. Paradigma gerakan inilah yang membuat KAMMI begitu istimewa dan berbeda dengan gerakan pemuda yang lainnya.

KAMMI adalah Gerakan Dakwah Tauhid

Gerakan yang meneruskan dakwah para nabi (artinya tidak “menciptakan metode dakwah baru”, ataupun kelompok-kelompok baru). Gerakan KAMMI adalah nasrul fikroh (mendakwahkan pemikiran tentang Islam yang komprehensif (syumul/menyeluruh) serta mencakup ke seluruh aspek.

Gerakan dakwah tauhid juga berarti…

  • Gerakan pembebasan manusia dari segala bentuk penghambaan terhadap materi, nalar, sesama manusia dan lainnya, serta mengembalikan pada tempat yang sesungguhnya yaitu Allah SWT.
  • Gerakan yang menyerukan deklarasi tata peradaban kemanusiaan yang berdasar pada nilai-nilai universal wahyu ketuhanan (ilahiyah) yang mewujudkan Islam sebagai rahmat semesta alam (rahmatan lil ‘alamin).
  • Gerakan perjuangan berkelanjutan untuk menegakkan nilai-nilai kebaikan universal dan meruntuhkan tirani kemungkaran (amar ma’ruf nahi munkar).

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.”(QS. Ali Imron :104)

KAMMI adalah Gerakan Intelektual Profetik

Intelektual yang berdasarkan pada tradisi kenabian. Mengajarkan ilmu umum menghubungkan dengan tauhid. KAMMI merupakan muslim negarawan yang tiada hari tanpa diskusi ilmiah, tidak takliq (buta), tidak ada di sandang kami kata-kata fanatisme kelompok, karena landasan kami bukan kelompok melainkan Alqur’an dan sunnah.

Gerakan intelektual profetik juga berarti…

  • Gerakan yang meletakkan keimanan sebagai ruh atas penjelajahan akal nalar.
  • Gerakan yang mengembalikan secara tulus dialektika wacana pada prinsip-prinsip kemanusiaan yang universal.
  • Gerakan yang mempertemukan nalar akal dan nalar wahyu pada usaha perjuangan, perlawanan, pembebasan, pencerahan, dan pemberdayaan manusia secara organik.

Arus perubahan negara sangat efektif dilakukan oleh 3 poros penting, yakni penguasa, pengusaha, dan militer. Namun ketiganya akan mendapatkan kesetimbangan perubahan ke arah yang lebih baik apabila diimbangi oleh poros gerakan profetik.

Seperti hal nya Fir’aun, Hamman, dan Qarun yang berhasil membentuk kekuasaan super power sebagaimana dikisahkan dalam Al Quran. Tidak ada power tandingan yang berani berhadapan dengan pemerintahan Fir’aun, selain perlawanan dari gerakan profetik yang dipimpin Nabi Musa.

KAMMI adalah Gerakan Sosial Independen

KAMMI terbebas dari ideologi yang ada, KAMMI tidak terikat oleh -isme isme yang dibuat manusia (sosialisme, kapitalisme, materialisme, dll). Bergerak karena ALLAH, menegakkan Islam di muka bumi.

Gerakan sosial independen juga berarti…

  • Gerakan kritis yang menyerang sistem peradaban materialistik dan menyerukan peradaban manusia berbasis tauhid.
  • Gerakan kultural yang berdasarkan kesadaran dan kesukarelaan yang berakar pada nurani kerakyatan.
  • Gerakan sosial independen merupakan gerakan pembebasan yang tidak memiliki ketergantungan pada hegemoni kekuasaan politik-ekonomi yang membatasi.

KAMMI lahir dari rahim mahasiswa dan rakyat. KAMMI dan rakyat adalah ibarat antara ruh dan tubuh. KAMMI tumbuh dan berkembang di tengah tengah rakyat, yang tidak terpisahkan dari rakyat indonesia.

KAMMI adalah Gerakan Politik Ekstra Parlementer

KAMMI melakukan komunikasi politik dengan semua pihak, menjaga jarak yang sama dengan tokoh dan partai politik manapun dalam rangka membangun sinergi dan kesepahaman, melakukan negosiasi politik jangka panjang dengan calon pemimpin yang ada. Ini strategi ekstra parlementer KAMMI.

Gerakan politik ektra parlementer juga berarti…

  • Gerakan perjuangan melawan tirani dan menegakkan demokrasi yang egaliter. Gerakan sosial kultural dan struktural yang berorientasi pada penguatan rakyat secara sistematis dengan melakukan pemberdayaan institusi-institusi sosial/ rakyat dalam mengontrol proses demokrasi formal.
  • Gerakan yang tidak menginduk pada institusi parlemen maupun pembentuk parlemen (partai politik dan senator). Independensi sikap politik bulat utuh tanpa intervensi partai apapun.
  • Gerakan yang bergerak di luar parlemen dan partai politik, sebagai representasi rakyat secara independen.

Penting ditegaskan bahwa kebijakan negara tidak sepenuhnya memenuhi seluruh aspirasi dari rakyat. Karenanya, perlu ada kekuatan oposisi intra dan ekstra parlementer yang mampu berperan sebagai mekanisme kontrol agar proses politik dan demokrasi berjalan bersih dan adil. Rasulullah saw pun bersabda, Jihad yang paling utama adalah mengucapkan kebenaran di hadapan penguasa yang zalim.

#Muslim Negarawan

#Berani Beraksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s