Menjaga Kesehatan Mahasiswa

Oleh : Novita Anggreini (Sekretaris Departemen Humas 1011 Periode 15/16)

Sebagai mahasiswa yang penuh dengan aktivitas segudang memerlukan kondisi tubuh yang baik. Sehat merupakan hal yang terpenting untuk kita menjalankan aktivitas, baik aktivitas akademik maupun organisasi. Namun, banyak sekali mahasiswa yang kurang memperhatikan gizi dalam makanannya. Lebih suka makan gorengan, sambal, mie instan ataupun junk food. Hal ini diperparah dengan begadang karena mengerjakan tugas, tugas besar, dl. Sehingga  menyebabkan mahasiswa sering terkena penyakit seperti maag, typus, batuk, dll. Oleh karena itu, marilah kita mulai untuk lebih memperhatikan kesehatan kita.

Untuk mencapai kesehatan yang optimal diperlukan makanan bukan sekedar makanan tetapi makanan yang mengandung gizi atau zat-zat gizi. Gizi adalah elemen yang terdapat dalam makanan dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh seperti halnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Gizi yang seimbang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat makanan yang diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan ini dikelompokkan menjadi 5 macam. Fungsi-fungsi zat makanan itu antara lain sebagai berikut :

1. Protein
Protein diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (protein nabati) dan makanan dari hewan (protein hewani). Fungsi protein bagi tubuh antara lain :
– Membangun sel-sel yang rusak
– Membentuk zat-zat pengatur seperti enzim dan hormon
– Membentuk zat inti energi (1 gram protein kira-kira menghasilkan 4,1 kalori).

2. Lemak
Lemak berasal dari minyak goreng, daging, margarin, dan sebagainya. Fungsi pokok lemak bagi tubuh ialah :
– Menghasilkan kalori terbesar dalam tubuh manusia (1 gram lemak menghasilkan 9,3 kalori).
– Sebagai pelarut vitamin A,D,E,K.
– Sebagai pelindung terhadap bagian-bagian tubuh tertentu dan pelindung bagian tubuh pada temperatur rendah.

3. Karbohidrat
Karbohidrat berdasarkan gugus penyusun gulanya dapat dibedakan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Fungsi karbohidrat adalah juga salah satu pembentuk energi. Pada umumnya sumber karbohidrat ini berasal dari tumbuh-tumbuhan (beras, jagung, singkong, dan sebagainya).

4. Vitamin-vitamin
Vitamin dibedakan menjadi 2, yakni vitamin yang larut dalam air (vitamin A dan B) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A,D,E,K). Fungsi vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu vitamin berfungsi sebagai zat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, peningkatan serta menjagakebugaran tubuh dan memperlambat proses penuaan.

5. Mineral
Mineral terdiri dari zat kapur (Ca), zat besi (Fe), zat fluor (F), natrium (Na) dan chlor (Cl), kalium (K) serta iodium (I). Secara umum fungsi mineral adalah sebagai bagian dari zat yang aktif dalam metabolisme atau sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan.

Mengkonsumsi makanan harus memperhatikan gizi seimbang agar disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Banyak sekali manfaat dari gizi bagi kesehatan kita. Kesehatan merupakan hal yang penting untuk beraktifitas. Beraktifitas untuk mendapatkan nilai akademik yang baik, amanah dalam organisasi maupun untuk kerja-kerja dakwah kita. Menjadi mukmin yang sehat dan kuat sangatlah disukai oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda :

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan.” (HR. Muslim).

Marilah kita mulai memperhatikan gizi pada makanan kita serta olah raga yang teratur.
Selamat Hari Gizi dan Makanan.

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s