Renungan Menjelang Pemilu

Tiap hari kulihat televisi
Yang ada hanya berita buruk soal politisi
Kulit rakyat jadi alergi
Bahkan pikirannya pun ada yang sudah mati
Pemilu datang lagi
Bah, aku jadi tak peduli
Tapi aku pikir-pikir lagi
Apa yang sudah aku lakukan untuk negeri ini
Hanya bisa membuat narasi tanpa aksi
Hanya bisa membuat opini tanpa realisasi
Sesedikit apa orang yang masih optimis
Sebanyak apa orang yang sudah pesimis
Banyak orang berkata
Indonesia ini penuh dengan lubang kebocoran
Indonesia ini penuh dengan teriakan kesengsaraan
Indonesia ini adalah kapal yang sebentar lagi akan tenggelam
Namun sayangnya si komentator tak tau
Bahwa dia sekarang ada di dalam kapal itu
Mungkin aku adalah penumpang yang cuma bisa menutup satu lubang
Mungkin juga aku bisa mengajak satu atau dua temanku untuk membantu
Namun aku lebih bahagia bila sang kapten kapal yang bersuara
Dengan suara lantang dan ridho Allah swt
Aku yakin dia bisa mengubah nasib kita
Aku yakin cahaya keselamatan itu masih ada
Ada yang bicara
Siapapun kaptennya nasib kita pasti sama
Tapi aku yakin pasti ada bedanya
Narasi ini bukan untuk himbauan
bukan juga untuk pengarahan
Namun ini bicara masalah kesadaran
Harapanku besar kawan
Karna kita adalah agen perubahan

-Sang Penyair Negarawan-

Leave a Reply

