Berita : Aksi KAMMI Jawa Timur Menolak Rencana Kenaikan Harga BBM

Bertepatan dengan Milad 14 KAMMI, 29 Maret 2012, dibuka serangkaian acara Milad 14 KAMMI dan Musykerwil KAMMI Wilayah Jawa Timur. Ratusan kader KAMMI dari berbagai daerah berkumpul di surabaya untuk melakukan aksi penolakan terhadap rencana kenaikan harga BBM,yakni kader-kader yang berasal dari KAMMI Daerah Surabaya, KAMMI Daerah Malang, KAMMI Daerah Jombang, KAMMI Daerah Madiun, KAMMI Daerah Jember, dan pengurus KAMMI Wilayah Jawa Timur. Untuk KAMDA Bali sendiri yang juga berada di bawah KAMMI Wilayah Jawa Timur melakukan aksi sendiri di Denpasar, Bali.

Aksi dimulai dengan adanya aksi serupa oleh rekan-rekan Gerakan Mahasiswa PMII namun KAMMI tidak bergabung. KAMMI aksi sendiri dan langsung mengepung gerbang pintu masuk bagian barat DPRD Provinsi Jawa Timur dengan melakukan berbagai orasi. Baru sekitar 10 menit berjalan, tiba-tiba aksi rekan-rekan PMII yang berada di gerbang masuk sebelah timur berlangsung ricuh. Semprotan water canon tampak deras meluncur ke arah rekan-rekan PMII, sontak hal ini membuat kader-kader KAMMI langsung membentuk barisan untuk melindungi peserta aksi. Namun, tiba-tiba gas air mata juga dikerahkan ke arah aktivis PMII. Angin yang menuju ke arah kader-kader KAMMI membuat gas air mata melaju menuju para aktivis KAMMI. Kader-kader pun berlarian menyelamatkan diri. Setelah gas menghilang, aksi mulai dirapikan kembali dan berorasi kembali.

Dalam aksi kali ini, KAMMI berhasil mengajak salah satu anggota Dewan dari Fraksi PDIP untuk turun langsung menyampaikan orasinya menolak rencana kenaikan harga BBM. Setelah itu, diadakan treatrikal Shalat Ghaib yang menggambarkan matinya pendengaran wakil rakyat. Aksi dilanjutkan dengan longmarch dari gedung DPRD Provinsi Jawa Timur menuju Kantor Gubernur Jawa Timur. Di depan kantor Gubernur Jawa Timur, orasi berlanjut kembali. KAMMI kembali menyerukan Pak Dhe Karwo untuk turun menemui mereka, namun gubernur Jawa Timur ini tidak turun.

Tampak foto Presiden SBY dipajang di pagar kawat pembatas. Dalam aksi kali ini, hasil bumi Indonesia berupa tomat dan telur dibawa sebagai tanda bahwa negeri ini adalah negeri yang kaya, namun membusuk karena pemerintah justru tidak membawa kesejahteraan bagi rakyat. Akhirnya tomat dan telur busuk ini dilemparkan ke arah foto Presiden SBY. Di akhir aksi, Pak Dhe Karwo juga dihadiahi 4 buah ban bekas yang dilempar-lempar dari jalanan ke seberang halaman kantor melewati pagar kawat pembatas.

Berikut adalah gallery foto aksi KAMMI Jawa Timur menolak rencana kenaikan harga BBM ini.

(Humas 1011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s