Bocah Gang Dolly Gelar Pameran Foto

SURABAYA – Berada di Gang Dolly yang terkenal dengan kawasan prostitusi, bocah-bocah itu tetap saja menjadi anak yang memiliki masa depan. Berbagai aktivitas anak-anak itu terekam bagus melalui foto yang dipajang dalam pameran bertema ”Dolly dari 140 cm”di Taman Bacaan Kawan Kami yang berada di kawasan Dolly.

Dan yang lebih menarik lagi,semua karya foto tersebut adalah hasil jepretan kamera 30 anak dari kampung Putat Jaya Gang 2A.Dalam setiap fotonya tergambar lingkungan hidup yang sudah melekat erat dalam diri setiap anak di sana. Kampung yang dilewati sebuah gang kecil ini memang begitu penuh dengan deretan rumah. Namun rumah-rumah ini bukanlah rumah biasa melainkan wisma-wisma kompleks pelesiran.Saat menyusuri gang ini suasana asri langsung terasa karena banyak tanaman di depan wisma.

Namun kerindangan ini tak didukung dengan suara hening melainkan diramaikan dengan lagulagu dangdut koplo yang terdengar nyaring. Maklum saja selain wisma, gang ini juga dipenuhi dengan tempat-tempat karaoke.Hiruk pikuk dan keindahan ala Gang Dolly inilah yang coba dihadirkan oleh anak-anak Putat Jaya sendiri. Berjudul ”Rumahku Istanaku” misalnya, Dio (salah satu peserta) mencoba menggambarkan rumah kediamannya yang merupakan kafe dan tempat karaoke.

Juga ada Sri Rahayu,7,yang memotret gang rumahnya. Sebuah gapura merah bertuliskan ”Putat Jaya Sekolahan” tampak gagah berdiri. Di luar gapura inilah tampak rumah Ayu,panggilan akrab Sri Rahayu, bercat biru dan hijau. Rumah ini begitu ia sayangi meski berada di lingkungan yang tak ramah untuk anak.”Ini rumah saya,”ujar Ayu bersemangat sambil berjingkat menunjuk rumahnya dalam foto yang tergantung di dinding. Ayu mengaku sangat menyukai memotret meski baru pertama kali belajar fotografi.

”Saya suka motret.Tapi kalau besar nanti saya mau jadi dokter,”katanya. Memang hobi barunya tak ada hubungannya dengan cita-citanya. Namun dengan mengembangkan bakat ini diharapkan mampu mengantarkannya menggapaimasadepan. Begitu pula dengan anakanak lain dalam pameran tersebut. Anak-anak yang setiap hari berkumpul,bermain,dan belajar bersama di Taman Bacaan Kawan Kami di tengah-tengah Gang Dolly.”Besar harapan kami agar semua anak di Gang Dolly bisa lepas dari lingkungan ini dan menjadi orang besar nantinya,”kata Kartono Ketua Taman Bacaan Kawan Kami.

Pameran foto anak-anak ini adalah usaha Kartono bersama enam rekannya untuk menyelamatkan kehidupan anakanak Gang Dolly.Selain menyediakan bacaan, tempat tersebut juga memfasilitasi berbagai kegiatan yang mengembangkan bakat anak seperti fotografi, mengaji, hadrah, menulis, membaca,dan komputer. Ilmu fotografi ini pun didapat dari workshop fotografi se-lama dua pekan dari mahasiswa ITS.

Sepintas pameran foto ini memang terlihat sederhana. Foto-fotonya dicetak berukuran 5R hingga 6R saja.Itupun hanya ditempel pada kertas warna asturo dengan sedikit deskripsi. oktalia ary

Sumber : Seputar Indonesia

One thought on “Bocah Gang Dolly Gelar Pameran Foto”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s