Press Release Hari Ibu 2011 – Bidang Pemberdayaan Perempuan KAMMI PUSAT

Lindungi Kesehatan Ibu dan Anak Pemerintah harus Menjamin Kesehatan Rakyat

Kematian Ibu dan Anak saat melahirkan di Indonesia masih menjadi permasalahan yang harus mendapatkan perhatian eksra, karena sampai saat ini Angka Kematian Ibu dan Anak di Indonesia masih menjadi “Juara Satu” di Asia Tenggara. Permasalah ini dari tahun ke tahun seakan hanya menjadi rutinitas untuk di Evaluasi tanpa langkah kongreat yang memadai dan menjangkau, bahkan di kota Jakarta yang dekat dengan pusat pemerintahan.

Berdasarkan data SDKI 2007 menunjukkan AKI sebesar 228/100.000 kelahiran hidup, sedangkan AKB sebesar 34/1000 kelahiran hidup. Jumlah kematian Ibu menurut provinsi di Indonesia diperkirakan mencapai 11.534 pada tahun 2010.  Dari seluruh provinsi, Jawa Barat menduduki tempat pertama untuk jumlah kematian ibu, di ikuti oleh Provinsi Jawa Tengah, NTT, Banten dan Jatim.

Tingginya Angka Kematian Ibu dan Anak di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal seperti , lingkungan yang tidak sehat, kurangnya asupan Gizi bagi ibu hamil, mahalnya biaya melahirkan di Rumah sakit bersalin, kurang tersedianya Rumah sakit bersalin atau puskesmas yang memadai di daerah-daerah.

Dari kondisi ini harusnya pemerintah dapat memberikan solusi yang riil untuk masyarakat seperti pencanangan dana yang maksimal demi terciptanya Jaminan  kesehatan bagi rakyat Indonesia terkait tingginya Angka Kematian Ibu dan Anak.  Dalam kasus-kasus yang sering kita saksikan di Televisi, banyak rumah sakit yang melakukan penahanan terhadap ibu dan anak karena pihak keluarga tidak mampu untuk membayar biaya yang di bebankan oleh rumah sakit. Hal ini mencerminkan dengan sangat jelas bahwa Pemerintah telah gagal memberikan jaminan kesehatan kepada rakyatnya.

Dikasus lain, kita juga sering melihat banyak pemberitaan seorang ibu melahirkan anak dengan kebutuhan khusus. Tentunya hal ini tidak lepas dari asupan gizi pada saat sang ibu mengandung.  Dan sekali lagi, pemerintah telah gagal memberikan jaminan kesehatan untuk rakyatnya. Tanpa menafikan apa yang telah di upayakan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam rangka mensejahterakan rakyatnya  dan Mengingat pentingnya, Penyelesaian terhadap permasalahan  Angka Kematian Ibu dan Anak. Maka, Pimpinan Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, dalam hal ini diwakili oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan menyatakan sikap

1.  Pemerintah harus menjamin kesehatan ibu dan anak pra dan pasca melahirkan

2.  Pemeritah harus menjamin ketersedian rumah sakit bersalin di daerah-daerah yang masih belum mempunyai rumah sakit bersalin atau Puskesmas

3.  Pemerintah harus menjamin biaya kesehatan yang terjangkau oleh rakyat Indonesia

4.  Pemerintah harus menjamin biaya bersalin yang terjangkau oleh rakyat Indonesia

Jakarta, 22 Desember 2011

 

Pimpinan Pusat

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia

 

                    

Emi Rahyuni, S.P

Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan KAMMI

Mengetahui,

Muhamad Ilyas, Lc

Ketua Umum KAMMI

CP: 0853131519545 (Irma Budiarti Sukmawati)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s