BOR KAMMI Diserbu Massa

Surabaya – KAMMI

Bulan ramadhan selalu memberikan inspirasi tersendiri bagi kaum muslim dalam memaknainya, bulan yang sering orang menyebutnya “bulan puasa atau bulan  penuh berkah” ini memang benar-benar memberikan berkah bagi kita khususnya kaum muslim. Berbagai cara dilakukan untuk memaknai bulan ini untuk ber-Fastabiqul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan). Tak terkecuali KAMMI, dalam rangka mengisi bulan ramadhan ini KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) mempunyai gawe serangkaian acara di bulan ramadhan ini yang  dinamakan dengan “PELANGI RAMADHAN ‘32”.

Sabtu, 13/08 adalah kali pertama KAMMI  melaksanakan salah satu agenda dari serangkaian acara Pelangi Ramadhan  tahun ini, adalah BOR (Buka On The Road) yang semestinya dilaksanakan pada hari minggu (14/08) ini menjadi pembuka serangkaian acara Pelangi Ramadhan tersebut. BOR merupakan acara bagi-bagi ta’jil dan nasi di jalanan, khusus acara ini yang menjadi target  KAMMI adalah orang-orang tidak mampu di sekitar keputih sampah dimana rata-rata warga disana bermatapencaharian sebagai pemulung. Sesaat sebelum keberangkatan teman-teman dari KAMMI ke lokasi sempat terjadi negoisasi antar teman-teman KAMMI dalam penentuan lokasi walaupun sebelumnya dalam syuro’ terakhir telah difixkan, dan akhirnya semua sepakat di daerah keputih sampah. “ya sudah tetap sesuai kesepakatan kemarin saja, di keputih sampah”. Kata seorang anggota yang ikut dalam acara tersebut.                 Berangkat sekitar pukul 17.05 WIB dari komsat (base camp KAMMI)  menuju titik yang sudah ditentukan tak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 10 menit teman-teman dari KAMMI sudah sampai lokasi. Sempat terbesit kekhawatiran dari salah seorang  teman kalau-kalau nasinya tidak habis atau tidak banyak orang lewat karena kondisi waktu yang sudah mendekati adzan maghrib. “he, wes yah mene lho,nek gak entek engko piye iki”. Kata salah seorang teman denga logat jawanya yang kental. Namun hal itu seketika lenyap dari pikiranya setelah sampai pada lokasi. yah,tidak seperti yang dikhawatirkan sebelumnya,  hanya dalam waktu kurang lebih 1 menit ta’jil dan nasi yang masing-masing berjumlah sebanyak 50 bungkus itu sudah habis diserbu warga. Bahkan tidak usah menunggu orang lewat di jalan atau menyuruh warga untuk mengambilnya, teman-teman dari KAMMI dengan ta’jil dan nasinya sudah penuh dengan kerumunan warga yang ingin mengambilnya. Tak hanya orang tua saja, adek-adek, nenek-nenek pun turut serta. Karena begitu banyaknya warga yang datang sementara nasi yang disediakan hanya 50 bungkus jadi beberapa warga hanya mendapatkan es saja dan masih banyak yang tidak kebagian.  “ maaf  ya bu, sudah habis”. Kata seorang akhwat kepada ibu yang tidak kebagian nasi.

SSC ( Social Service Center) KAMMI  yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan selaku creator acara tersebut  berharap acara ini bisa dilakukan disetiap bulan ramadhan setidak-tidaknya 2 kali. Ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat yang kurang mampu. Tidak hanya itu tetapi juga kegiatan-kegiatan lain yang mengarah pada social devolepment yang berkelanjutan dan khususnya bagi warga yang kurang mampu. “ kenapa kita memilih keputih tambak sebagai tempat untuk  BOR, karena kita sasaranya adaah masyarakat kurang mampu”. Kata Direktur  SSC KAMMI  saat ditanya alasan memilih keputih sampah sebagai lokasi BOR.                                                            Warga kurang mampu memang menjadi fokus SSC KAMMI dalam kegiatan sosial termasuk didalamnya juga ada adek-adek. Jadi selain fokus pada kepedulian dan pengembangan masyarakat pada umumnya SSC KAMMI juga berupaya mendidik adek-adek dari keluarga kurang mampu khususnya, mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA melalui daerah binaan.    Harapanya BOR ini bisa memnaji momentum untuk lebih  membuka mata kita semua untuk lebih peduli dan memperhatikan warga sekitar yang kurang mampu , utamanya di bulan ramadhan, bulan yang dimana segala amal ibadah kita akan dilipatgandakan oleh Alloh. Dan semoga amal ibadah kita diterima Alloh SWT. Amiin.                           Masih banyak lagi acara dari KAMMI di Pelangi Ramadhan ini, so jangan sampai kelewatan .    (ir)

One thought on “BOR KAMMI Diserbu Massa”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s