PERNYATAAN SIKAP (Aksi Jelang Pemilu 2009)

Bersihkan Rumah Rakyat dari Partai dan Caleg Busuk

 

Bismillahirrohmanirrohim,

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah menganugrahkan panca indra kepada kita untuk merasakan, memberikan akal kepada kita untuk memikirkan kebenaran dan memberikan kita hati untuk mebedakan kebaikan dan keburukan. Shalawat serta salam hanya untuk Rasuullah Muhammad SAW seorang pemimpin sejati umat manusia yang telah mengabdikan hidupnya untuk melayani manusia, yang tidak pernah tergoyah oleh kekuasaan dan kekayaan.

 

Berakhirnya masa pada pemilu kali ini berarti bahwa rakyat Indonesia telah memasuki saat-saat terpenting dalam rangkaian pemilu yaitu saatnya menentukan pilihan. Kampanye yang telah dilakukan oleh partai-partai dan caleg-caleg telah memberikan kita bahan untuk melakukan pertimbangan terhadap pilihan kita. Akan tetapi pada kesempatan ini kami inin mengingatkan kepada masyarakat Indonesia untuk lebih kritis dalam mengamati dan menilai partai dan caleg yang berkampanye serta menghindari pemilihan partai dan caleg yang nantinya justru hanya akan menambah kerusakan di Indonesia.

Untuk itu menghadapi tanggal 09 April nanti maka KAMMI Daerah Surabaya dengan ini mengeluarkan 09 Kriteria PARTAI dan CALE BUSUK dan 04 Sikap dan Seruan Pemilu.

 

Ada pun kriteria yang kami maksud dengan PARTAI dan CALEG BUSUK adalah

1.                  PARTAI yang anggotanya baik di legislatif maupun di eksekutif telah terbukti terlibat dalam kasus KORUPSI. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penghambat terbesar bagi Indonesia untuk keluar dari masalah kesejahteraan rakyat, pendidikan, kesehatan dan masalah lainnya adalah karena adanya pemotongan secara ilegal terhadap APBN dan APBD.

2.                  PARTAI yang dalam keorganisasiannya sering terlibat perpecahan dan konflik internal. Partai yang demikian menunjukkan bahwa anggota-anggotanya hanya memiliki kepentingan pribadi saja. Partai yang demikian juga akan menyebabkan terjadinya perpecahan di tinggkatan masyarakat.

3.                  PARTAI yang tidak memiliki platform yang jelas berkaitan dengan pembangunan Indonesia. Kampanye mereka hanya berisi janji-janji kosong dan hanya bisa menyampaikan konsep-konsep normatif yang jika dicermati tidak memiliki landasan dan kerangkan pemikiran yang jalas.

4.                  PARTAI yang tidak memperhatikan kualitas anggotanya terutama yang dicalonkan sebagai anggota legislatif. Partai seperti ini hanya menonjolkan popularitas yang dimiliki oleh anggotanya tanpa memperhatikan kualitas/kemampuan yang dimiliki. Akibatnya saat mereka terpilih maka mereka tidak dapat berperan banyak dalam menentukan kebijakan dilegislatif. Hanya diam dan menjadi penonton saja pada saat pembahasan kebijakan di legislatif.

5.                  PARTAI yang anggotanya di legislatif hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak pernah serius memperjuangkan kepentingan rakyat. Pekerjaan mereka hanya menghabiskan uang rakyat denga cara  jalan-jalan berkedok kunjungan kerja dan juga jarang menghadiri rapat/sering bolos. Mereka juga hanya mempejuangkan kepentingan mereka sendiri seperti kenaikan gaji dan tunjangan dewan dan penambahan fasilitas bagi dewan dengan alasan untuk meningkatkan kinerja dewan.

6.                  CALEG MAFIA. Mereka adalah caleg-caleg yang secara tersembunyi membawa kepentingan kelompok pemodal atau kepentingan negara-negara kapitalis. Jika mereka terpilih menjadi anggota legislatif mereka akan melakukan upaya-upaya memuluskan masuknya kepentingan pemodal/negara kapitalis tersebut tanpa memperdulikan kepentingan rakyat.

7.                  CALEG yang pada saat pemilu membagi-bagikan uang atau sembako kepada masyarakat sebagai cara berkampanye. Perlu diperhatikan bahwa setiap CALEG yang terpilih menjadi anggota legislatif akan berusaha mengembalikan setiap uang yang dikeluarkan pada saat kampanye. Dan yang sebagaimana telah  kita ketahui gaji dan tunjangan yang diterima anggota legislatif tidak cukup besar dan untuk menutupi semua biaya kampanye itu, sehingga mereka akan mengambil uang negara secara ilegal atau yang kita kenal dengan KORUPSI.

8.                  CALEG yang hanya mengandalkan popularitas yang dimilikinya saja dan tidak pernah terbukti memiliki kemampuan atau terlibat dalam proses penyelesaian masalah di Indonesia. CALEG seperti ini hanya dijadikan penarik massa saja dan jika pun terpilih menjadi anggota dewan maka tidak akan dapat berbuat banyak dalam menentukan arah kebijakan di legislatif.

9.                  CALEG yang tidak memiliki kredibilitas moral. Ditandai dengan seringnya mendatangi tempat hiburan, berzina atau selingkuh dan sebagainya. Kampanye mereka lebih banyak diisi oleh hiburan-hiburan dari pada pendidikan politik kepada masyarakat.

 

Dan dengan mencermati setiap perkembangan yang terjadi dalam proses pemilihan umum 2009 kali ini maka dengan ini KAMMI Daerah Surabaya menyatakan dan menyerukan :

1.                  Bahwa semua permasalahan yang terjadi di Indonesia baik itu pada bidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan, hukum, pemerintahan dan sebagainya merupakan efek dari pelaksanaan pemilu yang gagal menempatkan orang-orang terbaik dilingkaran pemerintahan.

2.                  Bahwa untuk meperbaiki permasalahan yang terjadi di Indonesia maka MPR, DPR dan DPRD harus dibersihkan dari keberadaan PARTAI dan ANGGOTA LEGISLATIF BUSUK.

3.                  Kepada seluruh masyrakat Indonesia khususnya Surabaya untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu tanggal 9 April 2009 serta berhati-hati dan cermat dalam menggunakan hak pilihnya dengan tidak memilih PARTAI dan CALEG KOTOR.

4.                  Kepada masyarakat untuk bersama-sama mengawal berlangsungnya pemilu yang jujur dan adil serta menjaga persatuan dan kesatuan dan tidak terpecah belah oleh kepentigan politik orang atau kelompok tertentu saja.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat semoga Allah senantiasa menyertai perjuangan kita semua. Amin.

 

Surabaya, 2 April 2009

Ketua Umum KAMMI Daerah Surabaya

 

 

Agus Kusdiyanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s