MANAJEMEN HIDUP RASULULLAH

Judul Buku          : MANAJEMEN HIDUP RASULULLAH

Pengarang          : Muhammad Ahmad Abdul  Jawwad

Penerbit              : Media Qalbu

Tahun Terbit      : 1426 H/2005 M

Tebal                     : 171 Halaman

 

Rasulullah SAW diutus kepada umat manusia tidak sekedar menyampaikan ajaran ilahi yang hanya bersifat ritual saja, tetapi ajaran yang diembannya tercakup bagaimana cara kita hidup bermasyarakat, hidup yang dapat membimbing orang lain agar lebih bermanfaat dan bermartabat.

Ketika sebagian besar orang membangga-banggakan barat dengan konsep-konsep menejerialnya, maka Muhammad Ahmad Abdul  Jawwad justru menyodorkan kepada kita bagaimana memanage hidup ala Rasulullah.

Beliau bukannya tidak tahu cara memanage hidup ala barat, tetapi beliau mengetahui betul bahwa manajemen yang menjadi landasan Rosulullah adalah keluhuran akhlak, yang tentunya dibawah bimbingan wahyu. Dari manajemen  yang seperti ini, hasil yang dicapai adalah bukan hanya kesuksesen duniawi, tapi juga ukhrawi.

Lebih dari itu semua, mengenai isi buku ini memuat hal-hal yang sarat makna yang dilakukan oleh Rasulullah. Diantaranya adalah bagaimana Rasulullah dalam mengatur pembicaran dalam perbedaan sudut pandang, keahlian dalam mengangkat fenomena yang ada dan bagaimana teknik mempelajari lingkungan serta menggunakan pengetahuan dalam mengambil keputusan. Skil sebagai pendengar budiman yang positif yang merupakan bagian dari nilai-nilai Islami dan tingkah laku yang modern dab berperadaban, yang mana menunjukkan penghormatan kita kepada orang lain.

Dibahas juga dalam buku ini, tentang pentingnya memilih pemimpin dan cara mempersiapkannya, keahlian dalam melakukan tindakan terbaik dalam menghadapi segala masalah, teknik bermusyawarah dengan orang-orang yang ada disekitar kita, skill mengatur individu-individu, skill bagaimana mengajukan dan mempresentasikan makalah serta keahlian Rasullah SAW. dalam meningkatkan kepintaran dan ide-ide baru ditengah-tengah para sahabat.

Secara umum buku ini merupakan buku yang bagus dalam hal manajemen, dan tidak kalah dengan buku-buku motivasi maupun manajemen yang sudah populer. Karena buku ini merupakan buku yang mengetengahkan manajemen ala Rasulullah SAW yang bersumber dari Wahyu, maka tidak ada salahnya umat islam (muslim) bisa membaca dan mempraktekkan isi buku ini ke dalam hidupnya. (adit)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s