Pelajaran Dari Kakek dan Kupu-Kupu!

Suatu cerita menyebutkan ada seorang pemuda yang cacat kakinya sedang duduk termenung di sebuah taman. Pemuda itu terlihat lesu dan letih memikul beban pikiran yang ada dalam benaknya. Kemudian datanglah seorang kakek yang terlihat bijaksana menghampiri pemuda tadi. ‘mengapa kau terlihat sedih anakku’ tanya kakek itu. Tapi pemuda itu hanya diam tidak menjawab, kemudian kakek itu bekata lagi ‘setiap orang pasti punya masalah, dan Allah tidak akan memberi baban yang tidak dapat di tanggung hambaNya, ceritalah anakku siapa tau kakek bisa membantu’. Atas kesabaran kakek tadi akhirnya pemuda itupun menceritakan masalahnya. ‘Saya punya seorang adik, dan kami hanya hidup berdua saja, jadi adikku sangat bergantung padaku dan sekarang dia meminta saya untuk menangkap kupu-kupu’ kata pemuda itu. Lalu kakek berkata ‘ Kenapa tidak kau tangkap saja kupu itu, kau kan masih punya badan yang kuat dan tegap’, ‘ tapi saya pincang kakek, saya pasti tidak bisa menangkap seekoe kupu pun’ keluh pemuda itu. Dengan bijak kakek itu berkata lagi ‘ sekarang cobalah, kau pasti bisa melakukannya’. Dengan langkah yang berat pemuda itupun pergi menangkap kupu itu, tapi setelah sekian lama berusaha, bukannya bisa menangkap kupu-kupu, tapi pemuda itu malah merusak keadaan taman itu dan akhirnya dia menyerah. ‘ kau telah percaya kalau dirimu tidak bisa, dan itu adalah kesalahan anakku, coba lihatlah kakek melakukannya’.
Lalu sang kakek melangkah ke tengah taman dan berdiam diri disana lalu kemudian satu persatu kupu-kupu datang menghampiri tubuhnya, yang kemudian satu dari kupu-kupu tadi ditangkap kakek dan diberikan pada pemuda tadi. Alangkah kagetnya pemuda tadi akan peristiwa yang dia saksikan barusan tadi. Kemudian kakek yang bijak tadi menjelaskan’ Anakku, kadang apa yang kita inginkan tidak bisa kita dapatkan dengan kerja keras yang membabi buta saja, tapi apa yang kita inginkan akan kita dapatkan bila kita telah siap menerimanya, dan kesiapan kita hanya Allah yang mengetahui. Sekarang cobalah lagi anakku, sekarang kau pasti sudah siap menerinma kupu-kupu itui kan!!!
Dengan langkah sigap, pemuda itu pun melangkah ke taman dan akhirnya dengan kepercayaan dirinya, akhirnya pemuda itu mampu menangkap kupu-kupu yang diidamkan adiknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s